Seorang Pendaki Rinjani Asal Rempung Lombok Timur Meninggal Dunia

Seorang Pendaki Rinjani Asal Rempung Lombok Timur Meninggal Dunia



Lombok Timur Nusrapost.com -- Diduga akibat kelelahan, seorang pendaki Gunung Rinjani bernama Abdullah (40) asal Desa Rempung Kecamatan Pringgasela Lombok Timur NTB, meninggal dunia.

Kepala Resort Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Resort Timbenuh Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur, Aziz menuturkan, informasi mengenai peristiwa naas itu diperolehnya Selasa (12/9/2023). 

Dimana sekitar pukul 17.00 Wita, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat bahwa dilokasi antara Pos 2 dan Pos 3 (areal hutan BTNGR) telah meninggal dunia salah seorang pendaki yang baru turun atas nama Abdullah (40 tahun), warga RW Sinar Harapan Dusun Rempung Timur Utara Desa Rempung.

Dari informasi awal itu, kemudian pihaknya berkordinasi dengan TNI Polri dan keluarga pendaki untuk persiapan evakuasi dengan titik kumpul di Kantor Resort Timbenuh BTNGR kecamatan Pringgasela. 

Diketahui para pendaki tersebut berjumlah 5 orang, 3 orang berasal dari Desa Rempung yakni Abdullah (MD), Haris Iskandar dan Fakhruroji. Sedangkan 2 orang berasal dari Desa Pringgasela yakni Rian dan Ahyar Rosidi.

Para pendaki ini naik ke Gunung Rinjani pada Senin 11 September 2023 sekitar pukul 11.00 wita melalui jalur dasan lekong /jalur ilegal atau melalui jalur tikus sehingga petugas pos tidak mengetahui secara pasti identitas dari pendaki tersebut.

Selanjutnya para pendaki yang jumlahnya 5 orang turun pada 12 September 2023. Namun sekitar pukul 17.00 Wita Abdullah (korban) diduga kelelahan dan MD.

"Baru sekitar pukul 19.18 Wita, petugas gabungan menuju TKP untuk melakukan evakuasi dibantu warga dan pihak keluarga,"Ungkap Aziz.

Adapun team evakusi yang terlibat terdiri dari, keluarga,TNI/POLRI, damkar,sar kab Lotim ,relawan dan poter berasal dari warga masyarakat Desa Timbanuh dengan jumlah 20 orang. (np)

Tags

Post a Comment