Kawal Hak Pilih Bawaslu Lotim Siagakan Posko Pengawasan

Kawal Hak Pilih Bawaslu Lotim Siagakan Posko Pengawasan

Ketua Bawaslu Lombok Timur Suaidi Mahsun

Lombok Timur - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Lombok Timur akan menggelar patroli pengawasan Kawal Hak Pilih pada pilkada 2024. Tidak hanya menggelar patroli pengawasan, Bawaslu Lombok Timur juga akan mendirikan posko - posko kawal hak pilih.

 

Ketua Bawaslu Lombok Timur Suaidi Mahsun mengatakan dalam patroli pengawasan kawal hak pilih para pengawas pemilu di semua jajaran akan berpatroli ke tengah masyarakat, untuk menjaga hak konstitusional yang telah memenuhi syarat menjadi pemilih agar tercatat dalam daftar pemilih.

 

"Jangan sampai ada warga negara yang memenuhi syarat tidak tercatat dalam daftar pemilih," jelasnya.

 

Ia mengatakan, Patroli pengawasan kawal hak pilih ini akan dilakukan di 21 kecamatan dan semua desa serta kelurahan yang ada di Lombok Timur  sesuai dengan  peta kerawanan wilayah masing-masing. 

 

"Seluruh wilayah terutama pada kelompok rentan, lokasi terpencil atau rawan akses , serta penyandang disabilitas, juga masyarakat yang telah meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih di KPU," imbuhnya.

 

Adapun fungsi dari posko pengawasan ini katanya,  agar  masyarkat dapat menyampaikan pengaduan ke bawaslu bila ada masyarakat yang  belum  terdaftar di DPT. Atau ada pemilih - pemilih potensial yang sudah berhak memilih namun tidak pernah di coklit serta persoalan - persoalan lainnya terkait soal penyelenggara pilkada

 

Jajaran Pengawas Pemilu juga diharapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan coklit, hingga pemungutan suara. (*)


Ikuti kami di google news

Tags

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment