Kita Harus Bijak Bermedia Sosial & Hati-Hati Dengan Fenomena No Viral No Justice

Kita Harus Bijak Bermedia Sosial & Hati-Hati Dengan Fenomena No Viral No Justice

 

Yasrul, S.Kom., M.Eng Kepala Bidang PTIK Dinas Kominfotik NTB saat memimpin apel pagi di kantor Dinas Kominfotik NTB

Nusrapost.com -- Dinas Kominfotik Provinsi NTB menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu berhati-hati dengan tagar “No viral No Justice” yang tengah marak digunakan oleh warganet saat ini. Hal tersebut merujuk karena maraknya kasus viral yang belum jelas kebenarannya namun telah mendapatkan penghakiman terlebih dahulu.

Kepala Bidang PTIK Dinas Kominfotik NTB Yasrul, S.Kom., M.Eng. dalam arahannya saat apel pagi di kantor Dinas Kominfotik NTB menekankan pentingnya verifikasi konten sebelum turut memviralkannya dengan tagar “No Viral No Justice” tersebut.

"Jangan cepat menghakimi. Jangan gampang kita memviralkan yang belum kita tahu kondisi dan situasi sehingga merugikan orang lain," pesannya.

selanjutnya Yarul lantas mengulas kembali kasus Satpam Bank Indonesia yang viral kemudian dihakimi lantaran memukul seekor anjing. Kasus tersebut viral terlebih dahulu dan Satpam tersebut mendapatkan hujatan dari berbagai kalangan. Padahal, kejadian sebenarnya tidak seperti yang diyakini warganet.

"Lebih baik kita pastikan dulu kondisinya, baru silahkan diviralkan," tambahnya.

Di akhir arahannya, Yasrul lagi-lagi menekankan bahwa tidak selamanya yang viral di media sosial adalah hal baik dan harus langsung didukung. Penting untuk menelaah lebih jauh, mendiskusikan, serta mekroscek konten tersebut sebelum mengambil tindakan sebelumnya.

"Kita harus bijak bermedia sosial," tandasnya. (*)

Ikuti kami di google news

Tags

Post a Comment