PJ Bupati Lotim Ikut Panen Raya Bawang Putih Di Sembalun

PJ Bupati Lotim Ikut Panen Raya Bawang Putih Di Sembalun

 


Nusrapost.com -- Salah satu tantangan sektor pertanian adalah harga. Kerap petani meski sudah berhasil meningkatkan hasil pertaniannya, akan tetapi tidak jarang mengeluhkan harga jual. Hal tersebut diakui Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik sesaat sebelum melakukan panen raya bawang putih di lahan Kelompok Tani Gureja Paok Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun Lombok Timur.

Kaitan dengan itu, Pemerintah, jelas Pj. Bupati terus mengupayakan jaringan perdagangan di samping mekanisme lain yang tidak saja menguntungkan petani, tetapi juga melindungi harga beli masyarakat. “Jaringan-jaringan perdagangan juga sedang dipikirkan. Pemerintah selalu berupaya berada di posisi keseimbangaan. Petani panennya bagus, tetapi harga juga tidak boleh kurang bagus, bagaimana sama-sama bagus,” jelasnya.

Selain persoalan harga, Pj. Bupati juga melihat pentingnya regenerasi petani. Menjadi petani, harapnya, seharusnya menjadi pilihan, bukan pilihan terakhir. Karena itu ia berharap, utamanya di wilayah sembalun, mengingat daerah ini menjadi salah satu pusat hortikultura, banyak petani-petani muda yang membawa pertanian Lombok Timur semakin maju, “Harapan kami tidak saja Sembalun untuk Lombok Timur, Sembalun untuk NTB, Sembalun untuk Indonesia, bahkan Sembalun untuk dunia,” harapnya.

Menutup sambutannya pada kegiatan yang berlangsung Kamis (29/8) tersebut Pj. Bupati mengingatkan untuk terus bekerja keras, tidak cepat puas dan saling bekerja sama.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Sahri menyampaikan bahwa pada tahun ini budidaya bawang putih di Lombok Timur adalah yang terluas, yaitu mencapai 425 hektar. Luas tersebuat tersebar di tiga kecamatan yaitu Sembalun, Suela, dan Wanasaba. Sembalun menjadi wilayah paling luas dengan areal tak kurang dari 380 hektar. Sementara itu berat panen mencapai 21 ton /hektar.

Diharapkan program bawang putih yang didukung Upland Project ini dapat mencapai di atas 93% sehingga ke depan kembali mendapat dukungan program yang sama. Program ini berfokus pada peningkatan kapasitas kelembagaan petani dan keterampilan petani dalam penyediaan bawang putih. (*)

 

Tags

Post a Comment