Program TMMD Ke-121 Lotim, Tumbuhkan Kesadaran & Semangat Gotong Royong Masyarakat Dalam Membangun Desa.

Program TMMD Ke-121 Lotim, Tumbuhkan Kesadaran & Semangat Gotong Royong Masyarakat Dalam Membangun Desa.

Lewat program TMMD ke 121 Kodim 1615 Lotim, Tumbuhkan Kesadaran & Semangat Gotong Royong Masyarakat Dalam Membangun Desa.

Nusrapost.com -- Sejak di buka dan dimulainya pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 oleh PJ Bupati dan Kodim 1615 Lombok Timur, yang bertempat di lapangan umum Desa Sikur Kecamatan Sikur pada Rabu (24/7/2024) lalu.

Kini program tersebut telah mampu memotivasi masyarakat dan menumbuh kembangkan kesadaran,semangat gotong-royong serta membangkitkan nilai-nilai luhur kebangsaan khususnya dalam membangun Indonesia dari pelosok perdesaan.

“Kami selaku masyarkat sangat bersyukur dengan adanya program TMMD ke 121 Kodim 1615 Lombok Timur, Pasalnya kegiatan ini telah mampu memotivasi kami sebagai Masyarakat untuk terus saling membantu dan bergotong royong,”ungkap salah seorang warga Desa Loyok Inaq Mahnim saat di temui di rumahnya Senin (19/8/2024).

Inaq Mahnim bersama Danramil 09 Sikur dirumahnya yang sudah jadi terbangun oleh program TMMD ke 121 Kodim1615 Lotim 2024

Mahnim yang juga salah satu penerima manfaat dari kegiatan TMMD ke 121 Kodim 1615 Lotim mengucapkan rasa terimmakasihnya kepada jajaran Korem,Kodim,Koramil sampai Babinsa desa yang peduli dengan Masyarakat seperti dirinya. Sebab apa bila tidak ada program TMMD maka rumah yang ia tempati mungkin akan selamanya seperti itu.

“Semoga bapak-bapak komandan tetap sehat dan dimurahkan rizkinya,”kata sahnim sembari menengadahkan telapak tangannya berdoa kepada YME.

Sementara itu, Danramil 09 Kecamatan Sikur Achmad saat ditemui di lokasi TMMD desa Loyok mengatakan, Pelaksanaan program TMMD ke 121 ini menelan anggaran sekitar 1,5 Miliar dan difokuskan di Wilayah Desa Loyok Kecamatan Sikur dan wilayah Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Relevansi program TMMD seperti pentalutan saluran irigasi dan pembangunan jalan usaha tani untuk dapat mendukung ketahanan pangan dan kemandirian pangan di Lombok Timur.

“Selama 28 hari program TMMD dari awal sampai sekarang ini telah mencapai 100%,"ujarnya.


Ada beberapa sasaran yang difokuskan dalam pelaksanaan program ini seperti pembangunan Fisik seperti Pembangunan talut irigasi, yang mana di Desa Loyok sendiri sepanjang -+612,5 meter kemudian di tambah dengan non program yakni pembukaan jalan lingkar kuburan sepanjang 600 meter, kemudian RTLH 1 unit, TPQ 1 unit, dan 2 buah Sumur Bor kemudian untuk Desa Kesikyaitu pembuatan sumur bor, pentalutan saluran irigasi tersier sepanjang 1.050 meter, rehab TPQ dan Sumur Bor.

Apel di lokasi kegiatan TMMD ke 121 Kodim Lombok Timur

Sedangkan untuk Pembangunan non-fisik yakni melalui program pelatihan-pelatihan, penyuluhan yang mengangkat tema-tema yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Lombok Timur saat ini, seperti penyuluhan hukum, memberikan wawasan kebangsaan, pemberian eduksi tentang bahaya narkoba dan pengobatan penyakit sapi.

“Untuk Pengobatan sapi ini kami konvergensikan dengan dinas Kesehatan hewan kabupaten,”jelasnya.

Ia (Ahmad) mengakui terkait keaktifan Masyarakat dalam bergotong ronyong selama adanya program TMMD ke 121 kodim 1615 lotim, awalnya dirasakannya agak berat untuk menghadirkan masyarkat tetapi dengan pola pendekatan dengan semua sektor membuat motovasi dan gairah Masyarakat menjadi luar biasa dan kesadarannya dalam membangun tempat tinggalnya nyata dirasakan.

“Setelah dilakukan pendekatan, alhamdulillah antusias masyarkat bergotong royong dan sangat menerima program ini sehingga kami sangat terbantu sekali,”ungkapnya.

Sehingga dengan kondisi itu Ia menegaskan, keberadaan program TMMD bisa membangkitkan Kembali semangat dan antusias masyarkat untuk bergotong royong. Hal itulah yang kami rasakan selama pra dan pelaksanaan program.

“Sebelum pelakasnaan dan sampai pelaksanaan TMMD kami disini yang kurang lebih terhitung 2 bulan kami berbaur bersama masyarkat disini, antusias masyarkat sangat luar biasa,”ujarnya.

Program TMMD 121 telah mampu mengeratkan sinergisitas seluruh pihak guna menciptakan kondusifitas dan pelaksanaannya telah tepat sasaran, tepat mutu, dan tepat waktu. (np)

Ikuti kami di google news

Tags

Post a Comment