UNW Mataram Gelar Bimtek Pengisian Instrumen Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Program Studi PPG

UNW Mataram Gelar Bimtek Pengisian Instrumen Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Program Studi PPG

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengisian Instrumen Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Program Studi Pendididikan Profesi Guru (PPG) oleh Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram 

Nusrapost.com -- Strategisnya peran Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk melahirkan guru yang professional di Indonesia direspon oleh Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram. Respon tersebut langsung dilakukan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Pengisian Instrumen Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Program Studi Pendididikan Profesi Guru (PPG) pada tanggal 24-25 Agustus 2024 di Aula UNW Mataram.

Bimtek tersebut dihadiri oleh 40 an peserta yang terdiri dari Tim Revitalisasi LPTK UNW Mataram, dosen bidang Studi, Manajemen Fakultas, Manajemen Universitas, Lembaga Penjaminan Mutu UNW Mataram, dan perwakilan dari pihak sekolah mitra sebagai Guru Pamong.

Hadir juga sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut Prof Dr. Wagiran, S.Pd., M.Pd., (Tim Pakar Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan sekaligus Kepala Pusat Penjaminan Mutu Universitas Negeri Yogyakarta) dan Prof. Sukardi Universitas Mataram.


Rektor UNW Mataram Prof. Dr. H. Agil Al-Idrus, Drs., M.Si dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras Tim Revitalisasi LPTK dan pihak Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti yang telah mempercayai UNW Mataram sebagai penerima Hibah Revitalisasi LPTK tahun 2024 ini dalam rangka meningkatkan kapasitas UNW mataram menyelenggarakan PPG.
Hal demikian pun telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 (PP No. 74) Tahun 2008 tentang Guru Pasal 4 yang menegaskan bahwa untuk mendapatkan Sertifikat Profesi Pendidik, seorang guru harus lulus PPG. Dari itu ia menyarankan agar komunikasi intensif dijalin dengan pihak-pihak terkait demi kesuksesan program ini ke depan.

“Saya menyarankan agar komunikasi intensif dijalin dengan pihak-pihak terkait demi kesuksesan program ini ke depan,”ujranya.

Sementara itu Ketua Tim Pelaksana Revitalisasi LPTK UNW Mataram, Mawardi, S.S., M.Pd., menyebutkan bahwa tujuan dari Bimbingan Teknis penyusunan Instrumen Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Prodi Pendidikan Profesi Guru ini adalah sebagai upaya meningkatkan kapasitas UNW Mataram terkait proses pengisian instrument borang pembukaan program studi PPG.

“Di kegiatan Bimtek ini, narasumber memberikan penjelasan dan bimbingan teknis mengenai langkah-langkah praktis dalam penyusunan instrument pemenuhan syarat minimum akreditasi pembukaan Prodi PPG serta contoh contoh implementasi yang relevan,”terangnya.


Kegiatan Bimtek ini, lanjut Mawardi ialah implementasi dari Hibah Revitalisasi LPTK tahun 2024 yang dimenangkan oleh UNW Mataram dan Bimtek ini merupakan tahapan 1 (satu) dari 6 (enam) rangkaian kegiatan revitalisasi LPTK yang akan diselesaikan dalam rentangan Agustus-Desember kedepannya.

Seperti 1) Bimtek Pengisian instrument Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Prodi Pendidikan Profesi Guru, 2) Lokakarya penyusunan dokumen kurikulum PPG, 3) Lokakarya penyusunan dokumen panduan PPL, Panduan kehidupan bermasyarakat di Asrama, dan Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), 4) Penandatanganan perjanjian kerjasama/kemitraan dengan Sekolah Mitra, 5) Workshop finalisasi Borang Akreditasi PPG UNW Mataram, dan 6) Submit Dokumen Usulan di Laman Siaga Direktorat Kelembagaan Dirjen DIKTI.

Kesemua ini adalah rangkaian kegiatan yang harus kami lakukan kedepannya,”tutupnya (np).

Ikuti kami di google news

Tags

Post a Comment