Alhamdulillah Air Spam Pantai Selatan Sudah Bisa Di Nikmati Masyarakat

Alhamdulillah Air Spam Pantai Selatan Sudah Bisa Di Nikmati Masyarakat

 

Moh. Rozikin Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Timur 

Nusrapost.com – Setelah beberapa tahun di kerjakan dengan berbagai dinamikanya, akhirnya proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pantai Selatan yang diusulkan sejak Januari 2022 oleh pemerintahan Daerah Lombok Timur, akhirnya kini sudah membuahkan hasil dan bisa di nimkati Masyarakat selatan.

"Alhamdulillah wasyukurillah, air yang selama ini kita janjikan untuk masyarakat selatan, sudah mengalir ke selatan. Jadi di dua reservoir itu Sukaraja dan di Gunung Malang airnya sudah terisi dan bisa dinikmati Masyarakat," ungkap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Timur melalui Kepala Bidang Cipta Karya Moh. Rozikin saat dikonfirmasi Selasa (10/9/2024).

Ia menyebutkan, Kondisi hari ini, tim dari BPPW ada yang turun ke Wakan dan Batunampar untuk dilakukan runing-test. Baru kemudian setelah itu pihaknya dari pemerintah daerah akan melakukan Assessment dan melakukan pengecekan menyeleluruh dari SR yang ada, baik dari sisi kebocoran dan sebagainya sebab bukan serta merta pihaknya dari pemda akan menerima begitu saja barang tersebut melainkan harus dilakukan assessment terlebih dahulu bersama tim monitoring yang telah dibentuk sebelumnya.

“Nah setelah dia selesai semuanya, bukan serta merta dari pemda akan menerima begita saja barang tersebut melainkan harus dilakukan assessment terlebih dahulu,”ungkapnya.

Walau demkian lanjut Razikin, dalam persolan tersebut pihaknya masih membutuhkan anggaran untuk menyelesaiakn SR (Sambungan Rumah Tangga) sebanyak 3.140 unit. Sementata Jumlah SR yang sudah terpasang pada tahun 2023 di Desa Wakan sebanyak 440 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), dan di Desa Batu Nampar sebanyak 500 SR.

“Rencana di tahun 2025 nanti, ada 200 SR yang nantinya kita arahkan ke Ekas yang dari reservoar Gunung Malang Pemongkong," sebutnya.

Ia menyebutkan, selama ini, Pihaknya tidak pernah berkomentar persoalan SPAM Selatan lantaran pada beberapa bulan terakuir airnya belum dilihat mengarah kelokasi selatan tetapi sekarang karena sudah melihat air itu sudah mengalir dan bisa di nikmati kemudian mulai menjelaskannya kepada Masyarakat.

Saat ini volume air yang sudah mengalir sampai ke selatan 50 liter per detik. Jumlah tersebut masih kurang dari target awal yakni sebesar 120 liter per detik.

Untuk memenuhi target itu, Pemda Lombok Timur melalui Dinas PUPR terus berusaha agar mendapatkan tambahan anggaran demi menuntaskan target tersebut.

"Kami tidak pernah diam. Kami terus mengejar ke pusat. Mudah-mudahan nanti DESnya sekitar Oktober, mudah- mudahan kami dapat dari pusat," bebernya.

Dari itu ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap bersyukur dan terus menjaga barang yang telah diberikan oleh pemerintah karena semua ini adalah milik kita bersama. 

"Tolong jaga barang ini supaya tetap berfungsi dan bisa dinikmati untuk anak cucu kita kedepan karena ini barang besar dan kita yang miliki semuanya, bukan milik pribadi atau golongan,"pesannya (*) 


Tags

Post a Comment