Peduli Lingkungan, UNW Mataram Ambil Peran Lewat Sinergitas Program Tridharma Perguruan Tinggi

Peduli Lingkungan, UNW Mataram Ambil Peran Lewat Sinergitas Program Tridharma Perguruan Tinggi

Nusrapost.com -- Peduli terhadap krisis Iklim yang sedang terjadi di Dunia dan Indonesia, UNW Mataram mengambil peran melalui sinergisitas program Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) dengan menggandeng berbagai pemangku kepentingan. 

Hal demikian dilakukan juga sebagai bagian dari implementasi Hibah Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) berbasis proyek yang dimenangkan oleh UNW Mataram.

Sosialisasi implementasi MKWK berbasis proyek tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Stadium General bagi mahasiswa baru dengan mengambil tema “Sinergisitas Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) UNW Mataram Berbasis Project Based Learning (PjBL)”. 

Melalui implementasi tersebut diharapkan mahasiswa di bawah bimbingan dosen, mampu menyadari situasi yang terjadi di masyarakat terkait dengan dampak krisis iklim dalam kaitannya dengan esensi dari MKWK yang dipelajari.  

Hadir sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, Julmansyah, S.Hut., M.A.P dan Kepala BMKG NTB yang diwakili oleh I Gede Widi Hariarta, S.Tr., MCCSP, yang juga alumnus Victoria University of Wellington, New Zealand.

Kepala BMKG NTB dalam paparannya memberikan pemahaman lewat data-data ancaman perubahan iklim khususnya di wilayah Nusa Tenggara Barat dan dampak yang bisa ditimbulkan. 

Sementara itu, Kepala Dinas LHK NTB memberi orientasi kepada mahasiswa terkait aksi yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan masyarakat untuk berkontribusi pada gerakan kelestarian hidup dalam rangka literasi dan aksi iklim di NTB dan Indonesia.   

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan itu, Wakil Rektor I UNW Mataram, Drs. H. Muh Syukri, M.MPd mengatakan, selamat datang kepada mahasiswa baru yang mengikuti kegitan tersebut. Kemudian ia memberikan apresiasi yang setinggi tingginya pada para Narasumber yang berkenan hadir sharing di kegiatan tersebut. 

"Selamat datang bagi mahasiswa baru dan terimakasih yang setinggi tingginya untuk para Narasumber yang berkenan hadir dalam sharing di kegiatan ini,"singkatnya.

Selain itu, Dekan FKIP UNW Mataram Hj. Lale Yakutunnafis, S.Sos, M.M. dalam arahannya memberikan dorongan motivasi-motivasi kepada para mahasiswa baru yang telah bergabung dan menjadi bagian dari Civitas Akademika UNW Mataram. 

"Teruslah belajar dan jangan menyerah,"ujarnya. Rabu (18/9/2024).

Selain hal itu, Ummy Yaqutunnafis yang juga kini sebagai Anggota DPRD NTB Fraksi Gerindra tersebut berharap Mahasiswanya bisa mengikuti dengan aktif serangkaian implementasi pembelajaran berbasis proyek melalui implementasi MKWK bertema Lingkungan di bawah bimbingan para dosen.

"Kami mengapresiasi tim Pengembang MKWK UNW Mataram atas inovasi yang telah dilakukan guna mempersembahkan pendidikan terbaik di NTB,"jelasnya. 

Ketua Pelaksana MKWK UNW Mataram sebagai panitia kegiatan Kuliah Umum tersebut, Dr. Rabiatul Adawiyah, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum kali ini dilakukan untuk memberikan orientasi kepada para mahasiswa baru terkait krisis iklim di Indonesia dan dampaknya bagi masyarakat. 

Pengenalan terhadap tema Iklim ini menurutnya akan dielaborasi lagi dalam pembelajaran MKWK oleh para Dosen MKWK yang ditugaskan. (*)

Tags

Post a Comment