Warga Desa Korleko, Korleko Selatan & Tirtanadi Lombok Timur Minta Aktivitas Tambang Galian C Ditutup

Warga Desa Korleko, Korleko Selatan & Tirtanadi Lombok Timur Minta Aktivitas Tambang Galian C Ditutup

Nusrapost.com – Ratusan Warga Desa Korleko, Korleko Selatan dan Desa Tirtanadi Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur turun melakukan aksi demonstrasi, dengan mendatangi Kantor DPRD Lombok Timur, Polres dan Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim Senin (30/9/2024).

Kedatangan massa yang di komandoi oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Lombok Timur itu, menuntut agar aktivitas tambang Galian C di wilayah tersebut segera ditutup. Hal itu, lantaran aktivitas pertambangan itu, telah baynak merugikan Masyarakat dan membuat lingkungan tercemar.

salah seorang warga Korleko, Selfin Riawan mengatakan, massa aksi meminta agar alat berat dikeluarkan dari lokasi pertambangan. Jika ingin melakukan aktivitas tersebut, agar diatur sesuai dengan Setandar Operasional Prosedur (SOP).

"Mereka membuat galian, Dia tahu amdal dan mereka tau aturan tambang itu sendiri," sebutnya.

Tuntutan itu, sebutnya, sederhana agar mereka bisa berwudhu dikarenakan pori-pori tanah di desanya tertutup. Buntut dari itu, sebagian air sumur di wilayah itu mengering.

Dia menuturkan, sudah dua belas tahun mereka merasakan dampak dari galian itu. Hari ini, kata dia, merupakan puncak kemarahan masyarakat setempat.

"Sehingga ini puncak dari kemarahan masyarakat," ketusnya.

Jika Pj Bupati, Kapolres, dan Dewan tidak menempati janji, masyarakat setempat akan datang lagi untuk melakukan aksi. Dia mengatakan, warga setempat sudah sepakat.

"Karena kami sudah sepakat kekompakan kami adalah harga mati," tegasnya. (Np)

Dia kembali menyinggung soal tambang. Dirinya meminta, agar tambang yang ada di kali rumpang ditutup. Menurutnya, lokasi itu merupakan sumber air kehidupan warga setempat.

Namun semenjak ada aktivitas tambang di areal itu, air di desa tersebut sudah berubah, tidak jernih.

Tak hanya sumur, kata dia, lahan pertanian akibat limbah dari tambang itu, hampir semua  terdampak.

"Lahan pertanian di Korleko seluruhnya terdampak dan tidak hanya itu, Korleko Selatan dan Desa Tirtanadi juga terdampak," tutupnya. (Np)

Tags

Post a Comment