BPVP Lotim Gelar Selekda Untuk Ajang Wordskills ASEAN Competition Di Fhilipina

BPVP Lotim Gelar Selekda Untuk Ajang Wordskills ASEAN Competition Di Fhilipina


Nusrapost.com -- Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur (Lotim) secara resmi memulai Seleksi Daerah (Selekda) untuk mencari bakat-bakat yang akan mewakili Indonesia dalam Wordskills ASEAN Competition yang akan digelar di Filipina pada tahun 2025 mendatang. Selasa, 01 Oktober 2024.

Dimana, Selekda ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari alumni lembaga pelatihan, siswa sekolah vokasi atau perguruan tinggi, serta karyawan hotel atau restoran yang berasal dari Provinsi NTB, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala BPVP Lombok Timur, Ferry Fahruddin, mengungkapkan Selekda untuk calon peserta WorldSkills ASEAN Competition ini bertujuan guna menjaring talenta muda yang nantinya akan berkompetisi dalam ajang WorldSkills ASEAN ke-14 tahun 2025 mendatang.

"Nantinya para peserta yang lolos ini akan mewakili daerah pada tingkat nasional dalam mengikuti acara Testis Vokasi," jelas Verry.

"Untuk mempromosikan BPVP kepada masyarakat NTB sendiri, nantinya akan kami lakukan dengan menggelar Vokasi Begawe," Lanjutnya.

Terang Verry, Selekda WorldSkills ASEAN Competition ini akan berfokus pada dua kategori kompetisi, yakni layanan restoran (restaurant service) dan memasak (cooking).

"Untuk Lombanya sendiri kita fokus pada restaurant servis dan cooking," ucap Verry.

Selain itu, acara ini juga dirangkaikan dengan Vokasi Begawe oleh BPVP Lombok Timur, yang mencakup kelas percobaan (trial class) untuk tujuh program pelatihan, job fair, serta walk-in interview dari lebih dari 40 perusahaan.

Acara ini turut dimeriahkan oleh bazar UMKM dengan partisipasi 52 pelaku UMKM, yang terdiri dari alumni pelatihan vokasi, BLK UPTD, BLK komunitas, serta talenta muda yang dibarengi dengan pameran pelatihan vokasi dan hiburan.

"Acara ini kita rencanakan akan berlangsung lima hari dari 30 September sampai 4 Oktober,” jelasnya.

Karena ini perlombaan sambung Verry, tentu ada pemenang dan hadiah yang akan di Terima, setiap kategori lomba akan memiliki pemenang untuk peringkat I, II, dan III, di mana juara I akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 2.500.000 beserta piala, juara II memperoleh Rp. 2.000.000 dan piala, serta juara III mendapatkan Rp. 1.500.000 dan piala.

"Selain mendapatkan hadiah bagi para pemenang lomba, semua peserta juga akan menerima piagam penghargaan,” tuturnya.

Secara terpisah, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur, H. Hasni, menyampaikan bahwa kegiatan Selekda ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, melainkan memiliki makna yang lebih luas.

Tags

Post a Comment