FKIP UNW Mataram Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Pendidikan Profesi Guru

FKIP UNW Mataram Gelar Workshop Penyusunan Kurikulum Pendidikan Profesi Guru


Nusrapost.com – Dalam rangka menyesuaikan Kurikulum Pendidikan Profesi Guru (PPG) sesuai Standar Nasional Pendidikan dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Serta menjawab Kebutuhan Pendidikan Abad 21 dan untuk menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. FKIP UNW Mataram menggelar kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum Pendidikan Profesi Guru (PPG), baik dalam Jabatan maupun Prajabatan. Adapun kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Prima Park Mataram sejak tanggal 8-10 Oktober 2024.


Hadir dalam Workshop tersebut 38-an peserta yang terdiri dari Tim Revitalisasi LPTK UNW Mataram, Dosen Pengelola Program Studi, Dosen bidang Studi, Guru Pamong dari Sekolah Mitra, Manajemen Fakultas, Manajemen Universitas, Lembaga Penjaminan Mutu UNW Mataram.  


Narasumber pada kegiatan ini ialah Tim Pakar Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Dr. Agusti Tamrin, M.Pd., M.Sc. ,& Dr. Hari Wibawanto, M.T.


Ketua Tim Revitalisasi LPTK UNW Mataram, Mawardi, M.Pd., menyebutkan kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum ini merupakan Tahap II (dua) dari 6 (enam) rangkaian kegiatan revitalisasi LPTK yang akan diselesaikan dalam rentangan Agustus-Desember 2024. meliputi 1) Bimtek Pengisian instrument Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi Prodi Pendidikan Profesi Guru, 2) Workshop penyusunan dokumen kurikulum PPG dan pembelajaran PPG, 3) Worskhop penyusunan dokumen panduan PPL dan Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) prodi PPG, 4) Penandatanganan perjanjian kerjasama/kemitraan dengan Sekolah Mitra, 5) Workshop finalisasi Borang Akreditasi PPG UNW Mataram, dan 6) Submit Dokumen Usulan di Laman Siaga Direktorat Kelembagaan Dirjen DIKTI.


Candidate Doktor Universitas Pendidikan Ganesha tersebut mengatakan bahwa salah satu dokumen penting yang diharapkan dari kegiatan workshop ini adalah lahirnya dokumen kurikulum PPG UNW Mataram yang memenuhi standar pendirian PPG sesuai dengan ketentuan Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 2662/B.B1/Hk/2020 Tentang Petunjuk Teknis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan serta Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 10/E/KPT/2021 tentang Persyaratan dan Prosedur Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru dan Penambahan Bidang Studi pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.


“Kegiatan workshop ini kami harapkan agar lahirdokumen kurikulum PPG UNW Mataram yang memenuhi standar pendirian PPG sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,”jelasnya.


Di samping itu,lanjutnya kegiatan workshop yang melibatkan guru pamong dan dosen bidang studi ini diharapkan mampu selaras dengan Ciri Khas UNW Mataram yaitu integrasi nilai nilai Islam Moderat dalam pembelajaran dan penyelenggaraaan PPG berbasis sekolah binaan yang sampai saat ini UNW Mataram membina lebih dari 2000 sekolah/madrasah khususnya di NTB.  


Rektor UNW Mataram dalam sambutannya berterima kasih kepada Narasumber dari Direktorat Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkenan hadir mendampingi kegiatan workshop penyusunan kurikulum PPG bidang Studi Bahasa Inggris, Ekonomi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Matematika dan Pendidikan Bisnis yang compatible dengan tujuan pendidikan nasional dan Visi Misi dan Kekhasan UNW Mataram. Ketua Senat Universitas Mataram tersebut sangat mengapresiasi kerja keras dan olah fikir Task Force Tim Revitalisasi LPTK FKIP UNW Mataram sehingga harapan terwujudnya PPG di UNW Mataram semakin mendekati kenyataan.


Hal senada disampaikan Dekan FKIP UNW Mataram, Hajjah Lale Yaqutunnafis, S.Sos., M.M bahwa kurikulum PPG UNW Mataram mutlak harus mengikuti perkembangan pendidikan di dalam maupun luar negeri seperti di Australia dll sehingga Guru yang dihasilkan benar-benar mempunyai kompetensi guru professional yang siap mengajarkan peserta didik masa kini untuk hidup pada masa yang akan datang. Dalam Kapasitas nya yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi NTB akan memberikan support penuh dalam rangka memajukan pendidikan di NTB.


Selama kegiatan workshop, peserta bersemangat menyelesaikan rangkaian kegiatan penyusunan kurikulum, RPS per bidang studi, serta pedoman pedoman yang dibutuhkan dalam rangka implementasi Kurikulum PPG yang diharapkan. Dengan pendampingan penuh dari Pakar UNNES dan UNS kegiatan tersebut sukses sesuai dengan kerangka kegiatan yang disiapkan oleh Panitia (Np)

Tags

Post a Comment