Ketua Panwascam Pringgsela: Peranan Tokoh Dalam Pengawasan Pemilihan Serentak 2024 Sangat Dibutuhkan

Ketua Panwascam Pringgsela: Peranan Tokoh Dalam Pengawasan Pemilihan Serentak 2024 Sangat Dibutuhkan


Nusrapost.com -- Pengawasan partisipatif merupakan upaya mentransformasikan kekuatan moral menjadi gerakan sosial dengan konsekuensi memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang pemilu atau pemilihan dan teknik pengawasan. 

Oleh karena hal tersebut, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Pringgsela Kabupaten Lombok Timur menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada tokoh masyarakat, Tokoh Perempuan dan Pemilih Muda pada pemilihan serentak tahun 2024.

Ketua Panwascam Pringgasela Haliliah menyebutkan, Tujuan yang ingin dicapai dari Sosialisasi Pengawasan partisipatif ini adalah bagaimana masyarakat dapat turut serta mengawasi seluruh tahapan pemilihan baik dalam tahapan kampanye seperti saat ini, masa tenang sampai hari pelaksanaan Pungut Hitung nantinya.

"Ini tujuan yang ingin di capai dari kegiatan ini,"kata Perempuan yang akrab di sapa Lili saat ditemui Kamis (10/10/2024).

Ia mengatakan, aktivitas yang nantinya dapat dilakukan oleh peserta sosialisasi yakni memantau pelaksanaan pemilihan, melaporkan pelanggaran pemilihan, menyampaikan informasi dugaan pelanggaran pemilihan dan ikut mencegah terjadinya pelanggaran pemilihan.

"Harapan besar kami, bagaimana mendorong pengawasan partisipatif ini dibangun atas dasar kesadaran, kerelawanan dan panggilan hati nurani untuk ikut berperan serta mewujudkan pemilihan yang berkualitas,"jelasnya.

Lanjut dijelaskan Halili, Kenapa Bawaslu sampai jajaran ke bawah panwascam membangun relasi dengan masyarakat ?Sebab Bawaslu sebagai struktur yang terlembaga memiliki keterbatasan, khususnya personil dan struktur yang bertugas mengawasi.

Dari itu, perlu mendorong upaya partisipasi masyarakat untuk menguatkan kontrol penyelenggaraan pemilu.Tantangan penyelenggaraan pemilu kedepan semakin kompleks, yakni kecenderungan hadirnya beragam pelanggaran.

"Tantangan inilah yang coba di jawab dengan menghadirkan pengawasan Partisipatif,"tukasnya. (np)


Tags

Post a Comment