Panwascam Terara Libatkan Masyarakat Mengawasi Pilkada Serentak 2024

Panwascam Terara Libatkan Masyarakat Mengawasi Pilkada Serentak 2024

 

Photo bersama jajaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Terara Lombok Timur dengan Masyarakat usia menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Aula Kantor Desa Selagik Sabtu (5/10/2024)

Nusrapost.com -- Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan Terara Lombok Timur melibatkan masayarakat dalam mengawasi tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2024. Pelibatan masyarkat tersebut dibuktikannya dengan menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Aula Kantor Desa Selagik Sabtu (5/10/2024), di fokuskan pada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda se-kecamatan tersebut.

Ketua Panwascam Terara Muhammad Sujarman dalam sambutannya mengatakan, Pelibatan tokoh masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 penting dilakukan sebab selain untuk memberikan pemahaman tentang tugas fungsi keberadaan pengawasan, Ia juga di amanatkan untuk memberikan edukasi akan peran penting masayarkat dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah serentak 2024. Tentunya melalui pengawasan Partisifatif.

“Peran kami sebagai Pengawas Pemilu dalam Mewujudkan Pemilu yang Bersih, yakni Mengawasi setiap tahapan-tahapan Pemilihan dan Menyosialisasikan pentingnya pengawasan kepada masyarakat,”Katanya.

Selain itu kata Sujarman tujuan dari kegiatan sosialisasi pengawan partisifatif ialah sebagai media komunikasi antara pengawas pemilu dan kelompok-kelompok Masyarakat serta menciptakan atmosfir pengawasan pemilukada di tengah-tengah Masyarakat.

“Jadi inilah pentingnya Masyarakat harus dilibatkan dalam proses pengawasan pemilukada,”terangnya

Senada dengan itu, Koordinator divisi pengawasan Panwascam Terara Mawardi dalam paparannya menyebutkan, output yang diharapkan dalam pelaksanaan sosialisasi ini ialah agar Partisipasi masyarakat semakin meningkat, tidak hanya dalam pemberian suara, tapi juga untuk memastikan suaranya tidak disalahgunakan. Sehingga dalam kesempatan ini ia mendorong Masyarakat untuk lebih berpartisipasi aktif guna mewujudkan pemilihan berkualitas.

Selain hal itu tentu, untuk mengakomodir segala perbedaan pandangan pendapat yang muncul di masyarakat terkait pengawasan pemilihan, sesuai dengan slogan Bawaslu. “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

“Dengan cara pelibatan masyarkatlah, kualitas pemilihan di wilayah kami bisa ditingkatkan, kearah yang lebih baik kedepannya,”katanya.(Np)

Tags

Post a Comment